Senin, 23 September 2013

PlayStation 4 Ternyata Dijual Rugi

PlayStation 4 Ternyata Dijual Rugi

Sony KOMPAS.com - Salah satu poin kelebihan Sony PlayStation 4 (PS4) dari rival beratnya, Microsoft Xbox One, adalah harga yang dipatok lebih rendah. Konsol game ini dihargai 399 dollar AS, dibanding Xbox one di angka 499 dollar AS.

Namun, ternyata harga tesebut tidak membuahkan keuntungan buat Sony. Bahkan, eksekutif Sony Jepang Masayasu Ito mengaku pihaknya merugi sekitar 60 dollar AS untuk setiap unit PS4 yang terjual.

Sony berencana menutupi kerugian tersebut dan memperoleh untung dari penjualan game dan perolehan biaya langganan PlayStation Plus.

Ito juga mengatakan bahwa hasil penjualan aksesoris akan turut membantu "menyeimbangkan keadaan" . "Soal besaran kontribusi (finansial) yang diberikan masing-masingnya, saya tidak bisa membeberkan secara mendetail," ujar Ito, sebagaimana dikutip oleh Polygon.

Meski dijual rugi, Sony yakin bahwa PS4 akan mendulang untung dengan lebih cepat dibandingkan pendahulunya, PS3.

Ini karena ongkos pembuatan game telah jauh menurun dibandingkan PS3, sementara harga jual tetap dipertahankan di kisaran 60 dollar AS. Artinya, tiap judul game bisa membuahkan margin yang lebih tinggi.

Hal tersebut, menurut Chief Financial Officer Sony Masaru Kato, dimungkinkan oleh arsitektur PS4 yang kini mirip dengan PC sehingga pengembangannya lebih mudah dan mampu menekan biaya produksi.

Ada pula mekanisme pembelian game secara direct download lewat konsol yang lebih menguntungkan buat Sony dibandingkan versi fisik (dengan disc Blu-ray) yang berharga sama.

PS4 akan mulai memasuki pasaran pada 15 November mendatang. Konsol game ini diprediksi bakal terjual sebanyak 5 juta unit hingga akhir Maret 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar